Jumat, 13 November 2009

Aduh... Mulai Dari Mana Ya?

Kembali lagi bersama DJonie di blog yang kita cintai ini.. Kemarin kita udah sama-sama ngumpulin niat buat make Linux... Sekarang kita mulai pake Linux yuk..

Bentar dulu.. Masih bingung nih harus ngapain dulu?

Pertama-tama tentuin dulu mo install distro Linux apa? di post sebelomnya udah pernah dibahas tentang distro.. Buat pemakaian sewajarnya (urusan kantor, setel mp3, nonton film) pake aja Ubuntu ato Linux Mint.. Lagian tutorial ini ga bakal jauh-jauh dari 2 distro itu.. Soalnya kan blog ini isinya pengalaman gw selama make Linux.. Nah gw pakenya 2 distro itu.. Jadi buat seterusnya bisa nyambung terus deh..

Pertama-tama cari dulu Live CD Ubuntu..

Buat yang punya koneksi internet unlimited, bisa langsung download ISO Ubuntu di situs-situs mirror lokal.. Daftarnya bisa diliat di sini... Sayangnya di situ belum dimasukin link buat download Ubuntu versi paling baru... Versi yang paling baru yang ada di situ adalah versi 9.02 (Jaunty Jackpole).. Padahal ubuntu baru rilis versi 9.10 (Karmic Koala)..

Sekedar catatan, versi Ubuntu dikasih nomer sesuai tahun pembuatan sama bulan rilisnya.. Jadi arti 9.10 itu dibuat tahun 2009 bulan Oktober (bulan 10).. Trus nama kodenya dibikin sesuai abjad+nama binatang.. Versi yang paling baru namanya Karmik Koala (huruf awalnya K, nama binatangnya Koala).. Versi sebelumnya namanya Jaunty Jackpole.. Sebelumnya lagi Intrepid Ibex.. Berarti nanti klo rilis lagi namanya pake huruf L..

Ok balik lagi ke masalah install.. Di bagian "unduh" ada banyak banget pilihan.. Ada Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, sama DVD Repo.. Gw jabarin ya satu-satu..

Ubuntu, Kubuntu, sama Xubuntu itu sebenernya sama.. Yang bedain cuma Desktop Environment-nya.. Desktop Environment (DE)itu tampilan dari desktop kita.. Jadi tampilan Ubuntu, Kubuntu, sama Xubuntu itu beda-beda, tapi sistem kerjanya masih sama.. Ubuntu pake DE yang namanya Gnome.. Kubuntu pake DE yang namanya KDE.. Klo Xubuntu pake DE Xfce.. Cara kerjanya sama, ngopreknya juga sama (kecuali ngoprek tampilan tentunya), yang beda cuma tampilannya aja..

Kalo Edubuntu itu ditujukan buat pendidikan (education).. Tujuanya buat anak-anak, pelajar, guru, ato sekolahan.. Paket-paket defaultnya juga berhubungan sama lingkungan sekolah.. Misalnya dikasih aplikasi buat simulasi ikatan molekul kimia, trus aplikasi buat belajar geometri, buat bikin grafik matematika, dll..

Klo DVD Repo kayanya harus dielasin di dalam satu post tersendiri.. Yang jelas isi dari DVD repo itu program-programnya Ubuntu.. Tapi repo itu bukan installer.. Nanti dijelasin di post selanjutnya..

Tadi kan gw bilang klo versi yang ditampilin di link tadi bukan versi yang terbaru.. Buat dapetin versi yang paling baru tinggal ganti angka 9.04 di url-nya jadi 9.10.. Trus cari yang tulisannya (ubuntu/kubuntu/xubuntu/edubuntu)-9.10-desktop-i386.iso... Klik kanan, trus pilih save link as... Buat yang pake prosesor amd64 bisa pake yang versi amd64.. Berhubung prosesor gw intel biasa, ya gw pakenya yang i386 (versi 32 bit)...Klo download udah jalan, sekarang cari yang tulisannya MD5SUMS.. Klik di situ, trus bookmark ato di save klo perlu..

Klo udah selesai di download, berarti kita udah punya file *.iso.. File iso ini ga bisa langsung dipake gitu aja, harus di burn dulu ke CD... Pertama-tama cek dulu file iso yang kita punya pake md5sum.. Download aplikasi buat ngecek di sini.. Extract isinya, trus buka command prompt (pencet tombol windows+r, trus ketik cmd).. Pindah ke direktori tempat kita extract tadi, trus ketik:

md5sum namafile.iso

Tunggu sampe 100%, nanti bakal muncul kode yang lumayan panjang.. Command prompt jangan ditutup dulu, sekarang buka link MD5SUMS yang tadi udah di bookmark ato di save.. Cocokin kode yang muncul di command prompt sama link tadi.. Klo beda, berarti ada kerusakan waktu download.. Dengan berat hati downloadan harus diulang.. Klo udah sama, tinggal burn file isonya ke CD pake software burner favorit lo ato pake aplikasi ini..

Gini cara pake aplikasi ISO burner yang gw kasih.. Pertama install dulu, trus jalanin deh aplikasinya.. Klik Start new data disc compilation.. Buka File/Write disk from iso file.. Cari file iso yang tadi.. Masukin CD kosong ke cd rom.. Trus pilih write disk dari ISO burner.. Jadi deh Live CD Ubuntu buatan sendiri..

Bang DJonie, gw ga punya koneksi internet di rumah.. Gagal deh gw ngicipin Ubuntu..

Eh, jangan BT, kesel, sebel, ato nangis a.k.a mewek dulu.. Ubuntu ngasih jasa pengiriman Live CD via shipit kok.. Coba buka shipit.ubuntu.com.. Disitu bisa order Live CD Ubuntu gratis-tis-tis-tis.. Ga dipungut bayaran apapun.. Paling-paling cuma bayarin uang rokoknya pak pos yang dateng ke rumah.. Tapi resikonya, CD nya baru sampe setelah 4-6 minggu setelah pemesanan (itu yang tertulis di situ).. Sesuai pengalaman gw aja deh, sejak Ubuntu Karmik release (28 Oktober kmaren) sampe sekarang (14 November) gw belom terima Live CD-nya.. Emang baru 2 minggu sih, tapi tetep aja gemes nunggunya.. Solusinya, gw minjem Live CD punya temen gw.. Temen gw itu juga numpang download di lab kampus.. Sekedar catatan, meminjamkan Live CD Linux ke rekan-rekan adalah SAH dan malah menurut gw sangat dianjurkan biar temen ikutan keracunan.. Hehehehe... Itu klo jalur distributor yang resmi dari Ubuntu.. Ada juga distributor nggak resmi yang bisa bantu kita masalah kita tadi.. Salah satunya Juragan Linux.. Register aja di situ, trus pesen deh distro yang kita mau.. Sekalian juga DVD repository nya.. Karena DVD repo ini bakal berguna banget nantinya..

OK, segini dulu tutorial kali ini.. Penasaran mau install? Tunggu posting selanjutnya...

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar